Menu

Selasa, 11 Mei 2010

Tips Berbelanja di Bangkok

Bangkok 11 May 2010

Nggak terasa udah hampir 3 bulan aku di Bangkok. Rasanya udah betah tinggal di sini. Cuma mau gimana lagi. Berhubung kerjanya ayah udah selesai di sini, ya kami harus segera kembali ke Jakarta.
Oh iya, mumpung ingat, aku mau sharing tentang tips berbelanja di Bangkok. Etika berbelanja di sini jauh berbeda dengan di Jakarta. Mau tahu tipsnya ?

- Jika berbelanja di mall, rasanya dimana saja, diseluruh belahan dunia sama. Karena harganya sudah fix dan tidak bisa ditawar lagi.

- Lain rumput lain belalang, begitu juga dengan perilaku dan kebiasaan penjual disini. Penjual di Indonesia cenderung lebih ramah kepada pembeli dibandingkan di Thailand. Jadi apabila kita ingin tawar menawar harga, lakukan dengan santai dan sambil bercanda/ tersenyum. Pejual akan lebih ramah kepada kita, dibanding kita menawar harga tanpa basa basi. Basa basi sangat diperlukan apabila kita ingin membeli barang dengan harga yang murah.

- Biasanya harga barang-barang yang kita beli dalam jumlah yang banyak akan jauh lebih murah dibandingkan dengan membeli satu item barang saja. Penjual biasanya akan memberikan harga khusus apabila kita membeli barang lebih dari satu item.

- Untuk masalah tawar menawar harga, tergantung kondisi pasar. Apabila barang elektronik, sebaiknya di cek dulu harga pasaran di internet. Terkadang penjual akan memberikan harga yang lebih mahal karena menganggap kita turis.
- Jika memilih belanja sayuran di pasar, biasanya si penjual menyediakan keranjang kecil untuk pembelinya untuk memasukkan apa saja yang ingin kita beli. Misalkan kita ingin membeli 3 bawang bombay, 2 buah tomat, segenggam cabe merah dan lain2. Lalu si penjual akan menghitung belanjaan kita. Penjual di sini tidak seramah di Indonesia. Jadi apabila ingin membeli sesuatu, sebelum mengambil barang yang kita inginkan, pastikan kita susadah memilih barang yang tepat.

- Jika berbelanja buah-buahan di tukang buah, biasanya mereka sudah mencantumkan harga masing-masing buah-buahan setiap kilonya. Hal ini sangat membantu, mengingat para penjual buah kebanyakan tidak bisa berbahasa Inggris. Jadi jika ingin membeli sekilo buah-buahan hanya menunjukkan angka 1 dengan jari. Penjualnya akan merasa kesal apabila saat memilih buah-buahan yang akan kita beli, kita memegang atau meremasnya untuk memastikan buah-buahan tersebut dalam kondisi baik atau tidak. Jadi sebelum mengambil buah-buahan yang ingin kita beli, lihat terlebih dahulu penampakannya. Apakah buahnya dalam kondisi baik atau tidak.

- Terakhir, sebaiknya berbicaralah bahasa Thai, tips yang ini agak begitu susah kelihatannya. Tapi jika sudah mempunyai niat, kenapa nggak? belajar bahasa thai sedikit-sedikit, minimal untuk percakapan sehari-hari. Nah klo sudah bisa sedikit-sedikit bahasa Thai berbelanja jadi lebih mudah kan??