Menu

Rabu, 26 Mei 2010

Kain Gendong

Jakarta, 26 May 2010

Jadi ingat dulu, waktu adek bungsuku lahir,kadang aku suka menggendongnya dengan kain gendong. Alhamdulillah, sekarang, setelah punya anak, aku sudah bisa menggunakan kain gendong untuk menggendongnya.

Jaman sekarang, sudah jarang orang yang mau memakai kain gendong untuk menggendong anaknya. Orang-orang lebih memilih menggunakan kereta bayi untuk membawa bayinya. Tidak perlu bersusah payah menggendong bayi. Kita hanya cukup mendorong kereta bayinya dari belakang. Disamping itu, kereta bayi biasanya juga menyediakan tempat untuk menyimpan barang-barang keperluan bayi. Cocok digunakan dikota-kota besar.Meskipun sering kali aku lihat di mal-mal kereta bayi malah digunakan untuk menyimpan barang belanjaan (kereta belanja atau kereta bayi ya?)


Sekali-kali amina juga minta naik stroller, tapi cuma sebentar. Sejak amina bisa jalan sendiri, dia lebih senang jalan sendiri, meskipun kadang minta duduk di stroller dia cemberut aja, nggak bahagia. Dari kecil dia suka nangis klo ditaruh di stroller, ia lebih senang digendong. Akhirnya aku tetap memilih kain gendong untuk aku gunakan sehari-sehari. Lebih aman dan praktis menurutku. Terutama saat amina masih bayi, aku ingin selalu dekat dengannya. Amina pun selalu senang saat aku menggendongnya. Dia merasa nyaman dan aman dalam gendonganku. Waktu amina bayi, saat aku harus kepasar atau masak, aku menggendongnya. Seringkali amina tertidur pulas dalam gendonganku saat aku sedang mengerjakan sesuatu. Pernah beberapa kali amina tertidur saat aku sedang berbelanja di pasar.

Meski terkadang bahuku terasa sakit apabila menggendong amina berjam-jam. Pernah suatu kali aku pernah berjalan kaki sejauh 3 kilometer dengan membawa barang belanjaan sembari menggendong amina. Hasilnya, punggung dan pinggangku sakit selama seminggu, dan aku tidak boleh menggendong amina selama seminggu. Sejak saat itu aku tidak pernah lagi membawa barang belanjaan sambil menggendong amina. Dan apabila aku mengalami sakit atau pegel-pegel karena menggendong amina, aku biasanya melakukan beberapa latihan ringan, supaya punggung dan pinggang tidak sakit lagi.

Menurutku menggendong bayi dengan gendongan mempunyai manfaat yang besar bagi perkembangan psikologis anak. Dengan menggendong sendiri bayi, bayi akan merasa nyaman dan aman selalu dalam dekapan ibunya. Bayi tidur akan lebih nyenyak dan tidak sering kaget. Selain itu, aku pernah membaca dari sebuah artikel di majalah, menggendong bayi membantu merangsang perkembangan otak bayi.

Nah, buat ibu-ibu yang belum bisa menggendong bayinya sudah bisa mulai belajar menggendong bayinya sendiri, jangan digendong sama mbaknya atau baby sitter. Meskipun belum bisa menggunakan kain gendong kain karena takut jatuh, sekarang kan banyak dijual gendongan bayi yang sudah berbentuk gendongan. Dengan menggendong bayi kita sendiri, ikatan batin antara ibu dan anak akan lebih erat. Mendengarkan jantungnya berdetak, suara nafasnya, benar-benar merupakan kenikmatan tersendiri buatku. Seneng dunk kalo anak-anak kita manjanya sama mamanya bukan sama pengasuhnya...