Menu

Kamis, 03 Juni 2010

Ga Berasa....

Jakarta, 3 Juni 2010,

Amina lagi bobo, dari tadi aku asyik aja liatin dia bobo. Koq kayaknya amina cepet banget ya gedenya. Bener-bener ga berasa, tiba-tiba aja dia udah bisa pake sepatu sendiri, rambutnya udah bisa dikuncir, udah belajar makan sendiri, udah mulai seneng niru-niruin suara-suara. Subhanallah. Sejak hamil, inginnya jadi full time mother buat amina. Karena menurutku, semua anak (klo dia udah bisa bilang) inginnya diasuh sendiri oleh ibunya. Sentuhan kasih sayang ibu kan lain, penuh kasih sayang. Padahal aku sendiri yang mengurus semua kebutuhan amina, mulai dari dia bangun pagi sampai dia bobo lagi. Tapi tetap aja, ga berasa, tiba-tiba amina sudah gede.

Setiap hari, ada aja kegiatan yang kami lakukan berdua. Mulai dari main kejar-kejaran berdua, bacain buku cerita, nyusun-nyusun balok, main boneka-boneka, main lempar-lempar bola, baca huruf hijaiyah, main masak-masakan. Seru deh. Mungkin bagi sebagian orang itu adalah kegiatan yang membosankan, tapi ternyata tidak. Aku sangat menikmatinya, kadang aku "amaze" melihat amina bisa melakukan sesuatu yang baru, yang tidak terpikirkan olehku. Menurutku pertumbuhan anak itu tidak bisa dianggap remeh. Karena apa saja yang dialaminya saat dia kecil pasti akan membawa pengaruh dalam kehidupannya nanti. Dalam pertumbuhannya, tiap-tiap usia mempunyai keistimewaan tersendiri. Kalo kata orang-orang tua, lain-lain capeknya. Memang benar, mengurus anak itu bukan pekerjaan yang mudah. Sebagian besar waktuku dihabiskan bersama amina. Bayangin aja, meskipun amina bobo, bukan berarti aku bisa jauh-jauh darinya. Setiap saat bisa saja dia minta nyusu. Seringkali harus curi-curi waktu, selagi amina bobo atau sedang asyik melakukan sesuatu, aku masak,nulis, baca buku atau apalah.

Mengasuh anak, harus banyak-banyak bersabar dan lapang dada. Namanya juga anak kecil, dia kan nggak bisa langsung mengerti apa yang kita katakan, masih belajar, suka bereksperimen terhadap hal-hal baru, jadi ya sabar aja, tugas kita memberikan penjelasan dan pengertian terhadap segala hal yang dia lakukan. Doakan mama istiqamah ya sayang...
Peluk dan cium mama selalu buat cut amina