Thursday, May 3, 2012

Cara membuat Asam Sunti

Kuala Lumpur,

Sebagai orang Aceh dan suka dengan masakan Aceh, Asam sunti adalah bumbu wajib yang harus ada di lemari penyimpanan. Klo aku yang pecinta asam sunti, kemana aja pergi, pasti bawa. Abis enak seh dipakai untuk masakan apa aja (kecuali daging yah..) Digoreng sama telor ceplok oke, dimasak gulai ayam enak, dimasak sama ikan wajib, pokoknya always asam sunti. Biasanya aku selalu dapat kiriman asam sunti dari Aceh, karena males bikin sendiri. Ceritanya, pas kemaren sewaktu abis melahirkan ada sida yang nemenin aku dan jago bikin asam sunti, jadilah belimbing wuluh yang sedang berbuah dihalaman depan gak terbuang, dan semuanya dibuat asam sunti. Nah buat yang penasaran cara bikinnya, berikut caranya :

- Pilih belimbing wuluh yang besar-besar dan sudah masak. (kebanyakan masih berwarna hijau dan kadang agak kekuning-kuningan)
- Hari  ke 1 Kalau cuacanya bagus (sebaiknya asam sunti dibuat saat udaranya sedang cerah, untuk menghindari belimbingnya busuk) jemur belimbing wuluh dan tempatkan di dalam "Ji-ee" atau wadah yang lebar, klo ga ada boleh juga taro belimbing beralaskan plastik. Jemur seharian. Ketika malam masukkan kedalam rumah, supaya klo hujan tidak kebasahan dan berair.
- Hari ke 2, Jemur lagi belimbing wuluh diterik matahari, sampai semuanya berwarna kuning agak keemasan. ketika malam hari taburkan garam sedikit banyak secara merata pada belimbing. 
- Hari ke 3, Pagi harinya, biasanya belimbing akan mengeluarkan cairan karena garam yang semalam kita tambahkan, buang airnya, dan jemur kembali belimbingnya, sampai sore. Dan ketika malam jangan lupa menambahkan garam lagi pada belimbing.
- Hari ke  4, jemur lagi belimbing, sampai berwarna kecoklatan dan agak mengering. Dan apabila belimbing sudah mengering. Angkat, tambahkan garam dan simpan didalam wadah tertutup.

Biasanya setelah hari ke 4, asam sunti belum langsung bisa digunakan karena masih terlalu asam dan berlendir. Asam sunti baru bisa digunakan biasanya sebulan kemudian. Penampakannya akan seperti ini :



klo udah begini, asam sunti bisa awet kadang sampai setahun atau lebih kali yah . Dimana saja, kapan saja, asam sunti siap digunakan :)



PS: resep diatas adalah yang biasa dilakukan oleh keluargaku di ketapang :)
Semoga berguna yah, selamat mencoba .