Menu

Selasa, 08 Mei 2012

Fruit Tart Taman Seputeh

Kuala Lumpur,

Apa coba judul resepnya, ga apa-apalah cocok sama asal mulanya aku pertama kali buatnya, yaitu di taman seputeh. Sebenarnya udah pernah makan fruit tart sebelumnya, cuma koq aku merasa biasa-biasa aja yah, fla nya gitu-gitu aja, nggak ada yang spesial rasanya. Trus selama disini koq jadi bosen bikin dessert yang itu-itu aja, jadi pengen nyoba yang baru, nah jadilah aku bikin fruit tart ini. Setelah nyobain, flanya menurutku enak dan ayah yang tadinya nggak mau makan buah, sekarang doyan deh. Resepnya nyontek dari sini,tapi udah sedikit dimodifikasi, berikut resepnya :

Bahan Pastry :

- 75 gr mentega 
- 1 butir telur
- 40 gr gula halus
- 150 gr tepung gandum / terigu
- 1/2 sdt garam

Bahan Fla :

- 2 kuning telur
- 1 sdt vanili
- 600 ml susu segar
- 100 gr gula halus
- 1 sdt garam
- 40 gr tepung gandum /terigu
- 40 gr tepung jagung
- 2 sdm mentega / butter 

Cara membuat :

Pastry
Tempatkan mentega dan gula didalam sebuah wadah. Kocok kedua bahan tersebut dengan menggunakan mixer sampai tercampur rata. Tambahkan telur, lalu aduk lagi hingga merata. Terakhir, masukkan tepung dan aduk dengan menggunakan spatula. Aduk sampai adonan bisa dibentuk. Bulatkan adonan dan bungkus dengan plastik dan simpan dalam kulkas selama sejam. Setelah itu, giling adonan hingga tipis (jangan terlalu tipis) dan bentuk sesuai dengan loyang yang ada. Sebaiknya gunakan loyang pie, berhubung nggak ada jadi aku pake loyang bulat biasa aja. Panggang didalam oven dengan suhu 175 derajat sempai adona berubah warna menjadi kuning kecoklatan (klo aku suka agak-agak sedikit kecoklatan, aromanya lebih enak).

Fla
Tempatkan didalam panci, kuning telur, vanili, gula, garam, tepung, aduk rata semuanya. Tambahkan susu didalamnya. Hidupkan api kompor, masak dengan api kecil. Aduk terus adonan tersebut dengan mengunakan wisk supaya tepung tidak menggumpal. ketika akan mendidih, campuran tersebut akan terlihat mulai mengental, aduk terus supaya tidak hangus bagian bawahnya. Jika sudah mulai agak mendidih, tambahkan mentega atau butter, aduk terus hingga tercampur rata. Dan langsung matikan api, supaya tidak hangus.

Penyelesaian 
Setelah semuanya selesai, tempatkan passtry dibagian bawah, tambahkan fla diatasnya secukupnya. terakhir, tata buah-buahan diatasnya sesuai selera. Apa aja boleh koq, baiknya buah-buahan yang asem biar rasanya pas. Dibagian bawah ada rasa pastry yang asin dan manis, trus dilapisan berikut ada rasa yummy dari flanya, ditambah ada rasa asam dari buah-buahannya. Perpaduan yang enakkkk banget. 
Selamat Mencoba yah !