Menu

Selasa, 10 April 2012

Resipi Donat Malaysia

Kuala Lumpur,

Awalnya coba bikin donat pake resep yang biasa, eh koq adonannya aneh? Setelah didiamkan selama 1 jam, adonan gak mengembang. Setelah 2 kali coba dan tetep gagal, akhirnya aku cari-cari resep baru, dan ternyata ok banget, berikut resepnya :

Bahan-bahan:
- 2 sdt yeast
- 1/8 cup air hangat (suam kuku, suhunya 45 derajat)
- 1/4 cup gula pasir
- 1 buah kuning telur
- 3/4 cup susu cair (UHT / pasteurisasi. di panaskan sedikit aja)
- 1 sdt garam
- 2 sdm butter / margarin
- 2,5 cup tepung gandum (wajib tepung gandum/wheath flour , jangan all purpose flour)

Cara Membuat :
- Didalam wadah besar, masukkan yeast dan air hangat, aduk hingga berbusa dan berubah warna menjadi cream, dan diamkan selama lebih kurang 5 menit.
- Masukkan susu, kuning telur, gula pasir, butter dan 1 cup tepung gandum serta garam, aduk hingga merata dan tidak ada adonan yang menggumpal. Setelah itu baru tambahkan tepung gandum sedikit demi sedikit, adon terus hingga kalis dan tidak lengket lagi ditangan.
- Setelah adonan siap, bulatkan adonan, tempatkan dalam wadah yang besar, tutup dengan kain lembab dan simpan adonan ditempat tertutup selama kurang lebih 1 jam.
- Setelah 1 jam, adonan harusnya mengembang 2 kali ukuran semula. Bagi adonan dalam 13 bagian, dan bentuk seperti donat. Diamkan sebentar,kira-kira 15- 30 menit. Goreng donat dalam minyak hangat. Jangan terlalu panas, agar adonan bagian dalampun akan masak dengan sempurna.
- Setelah selesai donat bisa dimakan dengan icing sugar, celupkan dalam coklat cair, apa aja deh sesuai selera.

Selamat mencoba :)

PS: fotonya nyusul yah