Menu

Kamis, 12 April 2012

Ayam Peulemak ala Janyak (Masakan aceh rayeuk)

Kuala Lumpur,

Udah cobain gulai ayam dimana-mana, tetap aja nggak ada yang ngalahin ayam peulemak bikinan nyanyak, maknyus bgt. Apalagi dimakan dengan nasi panas. Sebenarnya resepnya simpel banget, cuma seperti biasa, prosesnya agak lama dan harus sabar. Berikut resepnya :

Bahan-bahan :

- 1 ekor ayam kampung (kecuali kepala dan ceker, potong ayam menjadi 12 bagian,tergantung selera masing2)

Bumbu yang dihaluskan :
- 2 siung besar bawang putih
- 15 buah cabe merah keriting
- 10 buah cabe rawit hijau
- 2 sdt kunyit halus

Bumbu lainnya :
- 5 siung bawang merah yang sudah diiris
- 2 batang serai (klo aku suka banget serai jadi suka pake banyak)
- daun kari secukupnya.
- 1 lembar daun kunyit
- santan kental, ukurannya berasal dari 2 buah kelapa tua.
- garam secukupnya

Cara membuatnya :

Yang pertama sekali, ciri khas, masakan ayam dari aceh adalah, ayamnya dibakar terlebih dahulu dengan mengunakan arang dari batok kelapa. Tapi klo ga ada dan susah nyarinya, boleh juga panggang dengan menggunakan oven (aromanya akan sedikit berkurang, tp nggak apa-apa lah daripada nggak ada :( ) dan bakar hingga berwarna kuning keemasan atau sedikit kecoklatan.

Langkah kedua adalah "kerinyai" atau mencampur semua bumbu yang dihaluskan termasuk bawang merah,daun kari,serai,daun kunyit, garam dengan ayam yang sudah dibakar. Setelah tercampur dengan rata barulah hidupkan api kompor, tambah sedikit saja air dan masak dengan api kecil. Masak terus sampai airnya tinggal sedikit, apabila ayam masih sangat keras/belum setengah empuk tambahkan lagi air. Ingat, jangan menambahkan air terlalu banyak, apabila belum empuk tambahkan air sedikit demi sedikit. Setelah kuahnya tinggal sedikit dan ayam sudah hampir empuk, barulah masukkan santan kental.Tetap masak dengan api kecil dan aduk sesekali. Masak hingga santannya berminyak dan kuahnya menjadi seperti rendang. Klo sudah seperti rendang, berarti ayamnya sudah masak dan siap dihidangkan.

Selamat Mencoba