Menu

Senin, 18 April 2011

Tips Mengatasi bayi yang belekan

Sejak hari beberapa hari Cut Raufa lahir, aku udah mulai ngeliat klo mata sebelah kanannya selalu belekan, sedangkan mata kirinya nggak apa-apa. Apalagi kalo dia udah nangis, awalnya ada air yang menggenang diujung matanya, lama-lama jadi belekan. Kalo udah gitu kasian banget ngeliatnya. Nanya-nanya ma orang katanya itu hal yang biasa, kadang memang ada anak kecil yang belekan gitu, lama kelamaan juga ilang sendiri. Ya sud lah, aku sabar aja, berharap beberapa hari lagi belekannya ilang. Memang kadang sering dijumpai kasus begitu pada bayi2 yang baru lahir, hal itu karena disebabkan oleh penyempitan kelenjar air mata. Seminggu setelah dek Raufa dirumah, aku harus balik lagi kedokter anak untuk vaksinasi. Pas ke dokter aku tanya gimana mata kanannya dek raufa, trus sama dokter dikasih obat tetes mata bayi (duh.. sorry banget namanya lupa) sehari 2 kali selama seminggu - 10 hari. Meskipun aku udah teratur pakein obat matanya,tapi nggak bener2 sembuh, kadang klo matanya dibersihin sama tissue atau sapu tangan sekeliling matanya jadi merah. Lama kelamaan jadi khawatir juga, koq udah dikasih obat gitu2 aja, udah gitu obat mata itu nggak boleh lebih dari 10 hari diberikan kepada bayi. Untungnya pas kemaren mamanek ada di Jakarta aku sempat nanya, klo kasusnya kayak dek Raufa harus gimana, kata mamanek, dulu abang iparku juga sempat begitu pas bayi. Trus mamanek inget ada yang kasih saran supaya didaerah sekitar mata terutama yang didekat pangkal mata, deket idung itu sering-sering dipijat mengikuti lingkaran mata, dari daerah pertengahan antara hidung dan mata terus kearah alis dengan menggunakan ibu jari. Tapi jangan lupa sebelumnya olesi minyak terlebih dahulu. Berhubung cut raufa alergi juga sama baby oil, jadinya aku ganti dengan minyak kelapa. Jadi Cut Raufa biasanya aku pijat matanya sembari aku pijat seluruh tubuhnya. Atau kadang dipijat sama sida setelah mandi pagi sembari mengolesi seluruh tubuh cut raufa dengan cream bayi. Pijatnya juga harus teratur, biasa sehari sekali atau 2 kali. Pijat lembut aja, jangan dipaksakan. Misalkan pijat pagi sebanyak 3 kali, lakukan hal sama keesokan harinya. Berikut rincian tipsnya :

  • Supaya lebih pasti, apabila ketemu kasus seperti yang aku alami, coba konsultasikan ke dokter terlebih dahulu. Apa benar itu kasus mata belekan yang biasa. Klo iya, InsyaAllah nggak ada masalah untuk melakukan pemijatan didaerah mata

  • Sebelum melakukan memijatan, pastikan bayi dalam keadaan kenyang, susui bayi terlebih dahulu. Supaya dia tidak menangis saat dipijat

  • Apabila matanya ingin dipijat, sebaiknya lakukan dipagi hari sebelum atau sesudah mandi

  • Jangan lupa mengolesi tangan kita dengan baby oil atau minyak kelapa murni (untuk bayi yang alergian)

  • Lakukan dengan lembut dan hati-hati

  • Pemijatan dimulai dari pangkal mata, dekat hidung kearah alis dengan menggunakan ibu jari.

  • Lakukan pada kedua di kedua mata (kiri dan kanan)

  • Untuk kasusku, aku lakukan pemijatan sebelum mata dek raufa bisa berkedip ( sebelum dia mengeluarkan air mata)
Hasilnya Alhamdulillah banget, sekarang cut Raufa udah nggak belekan lagi. Matanya udah jernih banget, trus didaerah kelopak matanya juga udah nggak merah lagi. Mudah-mudah tips ini berguna yah