Menu

Rabu, 20 Oktober 2010

Bibi oh bibi.....

Jakarta, 20 oktober 2010

Keadaannya kurang lebih sama dengan kehamilan sebelumnya. Kira-kira lima bulan usia kehamilanku, mulailah aku ditinggal sama pembantu. Sebenarnya bibi udah lumayan lama tinggal dengan kita, udah enak banget, dari dulu klo ada yang tinggal sama aku rata-rata seh pada betah, cuma yah itu, selalu aja ada alasan yang membuat mereka harus pergi. Waktu hamil amina dulu , ada mba Sam, usianya kurang lebih seusiaku waktu itu. Kebetulan dia sudah nikah dan punya satu orang anak yang ditiinggal dikampung bersama ibunya. Suaminya merantau cari pekerjaan ke lampung. Jadilah dia kejakarta mencari pekerjaan. Sebelumnya dia sempat tinggal dengan orang lain dan Sam nggak betah, akhirnya karena sesuatu dan lain hal ketemu sama aku. Alhamdulillah selama kerja dirumah dia betah-betah aja. Tiba-tiba aja dia dikabari oleh sepupunya, yang kebetulan bekerja dengan saudaraku bahwa suaminya dan anaknya sakit. Dia harus segera pulang. Mau dikata apa? nggak mungkin kan ditahan nggak boleh pulang? akhirnya Sam pulang.

Setelah Sam, lama aku nggak nyari pembantu lagi. Aku sedang sibuk ngurusin amina yang masih bayi. Kebetulan aja ada nyanyak dan kakakku dari Aceh yang menemaniku selama 3 bulan pasca melahirkan. Belum lagi sebulan kak ida tinggal disini, Alhamdulillah ada tetangga yang rumahnya pas dibelakang rumah, nawarin buat bantuin cuci gosok. Untung banget ada bude (panggilan kami buat tetangga). Bayangin aja, pas usia amina 3 bulan kita pulang ke Aceh 2 minggu. rumah dijagain sama bude. Udah gitu pas amina umur 6 bulan kita kebangkok sebulan, rumah juga dititipin ma bude. Cuma ya itu, bude nggak bisa fulltime. Dia kan ada suami dan 2 orang anak. Jadi cuma dateng pagi bua nyuci dan dateng lagi sore buat nyetrika.

Nah, singkat cerita, akhirnya bude nawarin pembantu buatku. Abis dia kasian ngeliat aku yang tinggal cuma berdua dengan amina. Sepi banget kan. Memang sih,klo siang, abang pulang buat makan siang, cuma kadang kan abang juga suka pulang malam klo lagi banyak kerjaan. Jadilah dia menawarkan sodaranya yang kebetulan sedang nyari kerjaan buat membiayai anaknya yang sedang sekolah. Bibi Masni namanya. Dari awal dia memang kelihatan cepat beradaptasi. Mungkin karena dia udah ibu2 ya, usianya lebih kurang 50 th. Orangnya bersih, nggak itung2an kerja, trus kayaknya ikhlas banget klo kerja. Jadilah dirumah ada 2 orang yang bantuin.bude tetap megang cuci gosok dan bibi buat beres2 rumah. Sebenarnya kerjaan dirumah juga nggak banyak2 banget. orangnya cuma 3 koq. Cuma lebih pengen ada temennya aja. Urusan masak dan belanja juga tetap aku yang kerjain. Dia cuma masak nasi doank.Cuma ya itu, kadang klo aku sedang masak, dia main ma amina (orangnya sabar banget, maklum cucunya udah 11). Trus pagi-pagi jam 6 rumah udah rapi. Klo nyapu atau ngepel nggak asal-asalan, bener2 bersih. Udah gitu dia orangnya juga suka bebenah rumah. Padahal menurutku rumahku udah rapi (hehehe...) tapi sejak ada bibi jadi lebih rapi lagi. Apalagi amina, paling seneng berantakin mainannya. Tapi klo udah berantakan di udah nggak mau main lagi. Klo udah gitu siapa yang rapi2, ya bibi. Sehari kadang sampe 4 kali rapiin mainan amina. Udah gitu, mobil si abang selalu kinclong, taman diurusin. Lemari pakaianku pun bibi yang rapiin. Belom lagi pas hamil ini, sering masuk angin, klo udah gitu ya bibi yang mijitin. The Best lah...

Bibi bener2 menyatu dengan kami, kami pun jadi sayang sekali sama bibi. Kadang2 klo dia nyikatin kamar mandi, aku yang nyapu dan ngepel. Kita suka kerja bareng2 gitu deh. Amina pun sayang sama bibi. Paling enak klo ada bibi, jalan-jalan. Biasanya daripada bete dirumah, aku suka jalan2 ma bibi, klo males nyetir mobil sendiri, kadang naik bajaj, kadang naik taksi. Kemana aja, Terakhir kemaren bibi, nemenin aku ke dr Bambang di jl. Kimia 5 buat periksa kandungan. Sebelumnya bibi juga nemenin aku urus perpanjang paspor di Simatupang sana. Klo ada bibi, aku paling seneng ngajak dia belanja di Tanah Abang, atau cuma sekedar keluar makan2 doank. Dia udah kayak temen buatku. Apalagi akhir-akhir ini abang sering ditugasin keluar. Sebelum ke Aussy kemaren, abang sempat 2 kali bolak balik ke Bangkok selama seminggu, bulan puasa pula. Kebayang kan sepinya nggak ada bibi. Udah lah jauh dari orang tua dan sodara, jauh dari mertua. Lengkaplah sudah...

Belakangan ini, memang bibi sering sakit. Awalnya pas bulan puasa dia sempat kena diare. DIa minta pulang dulu buat istirahat. Ya sud, akhirnya dia pulang beberapa hari trus balik lagi. Nah, akhir-akhir ini, asam uratnya suka kambuh, jadi kadang tangan dan kakinya sulit digerakkan. Padahal udah bolak balik kedokter juga, biaya kedokter juga kita kasih buat bibi. Abis kasian, darimana biayanya buat berobat klo bukan dari kita. Pernah juga dulu batuk2 parah, sempat aku bawake RS. Tebet. Alhamdulillah seh nggak ada apa2. Trus pas dia kena diare, aku bw ke Medistra Gatsu. Cuma ya karena udah berumur susah juga. Ditambah sekarang, anak yang tadinya ia biayai sekolahnya Alhamdulillah udah dapet kerjaan. jadilah anak-anaknya pada getol suruh emaknya berhenti kerja. Ditambah lagi, suaminya yang tadinya nggak ada usaha apa2 (tinggal dikampung) sekarang udah mulai usaha dagang ikan (udah ketemu rejekinya). Ceritanya pas kemaren kami ke aussy, dia ketemu ma suaminya, saat itu suaminya bilang, klo dia nggak usah bekerja lagi. ABis dia kasian liat istrinya dari msih kecil idupnya udah susah banget. Jadi dia pengen ngumpul lagi. Trus si bibi bilang kemiswa nya klo dia kasian sama aku, mana lagi hamil kasian klo ditinggal, minimal sampai aku melahirkan lah. Nah kata miswanya, udahlah minta berenti aja, biar bibi bisa ngumpul lagi sama miswanya. Entahlah gimana, akhirnya 2 hari setelah aku dijakarta, bibi kembali kerumahku. Cuma klo menurutku ya gitu, suami nya ikhlas gak ikhlas istrinya kerja lagi.
Menurutku, karena kepikiran itulah bibi jadinya sering sakit. Akhirnya aku dan abang bilang ke bibi, klo memang ia mo berhenti ya udah ga apa apa. Biar dia ngumpul lagi sama suaminya. Dosa juga kan klo dia kerja nggak ada izin dari suaminya. Masih ada bude seh yang bantuin aku.

Jujur aku sedih banget ditinggal bibi, dia bener2 udah deket banget ma aku. Apalagi klo amina suka nanya2 bibi, trus kadang klo kita bilang bibi pulang dia suka nangis tersedu-sedu, duhhhh sedih banget. Abis bibi sayang banget ma Amina.Pernah anaknya bibi bilang, bibi lebih sering keinget ma amina daripada cucunya sendiri. AKhir2 ini kita juga jarang maen kekamar bibi. Abis suka sedih, padahal biasanya sampe berjam2 tidur2an sambil cerita-cerita ma bibi, kadang si abang sendirian diruang tengah. Yah, memang udah waktunya bibi berhenti kali. Tapi aku bilang ke bibi, mekipun dia nggak kerja lagi, skali2 main kerumah. anggap aja kayak maen kerumah anak sendiri.
Mudah-mudahan bibi diberi kesehatan dan kebahagiaan dihari tuanya, amin.