Menu

Jumat, 15 Oktober 2010

Pengaruh zat besi yang terkandung dalam susu dan vitamin bagi ibu hamil

Jakarta, 15 Oktober 2010

Hamil kali ini memang beda banget dari yang sebelumnya. Bener kata orang tua, tiap hamil memang beda-beda nikmat nya. Kali ini, perutku sensitif banget. Makan pedes sedikit, perut terasa mules2. Makan makanan diluar juga nggak begitu bisa, salah-salah perut juga mules. Kalo perutnya udah mules,bisa-bisa malam nggak bisa tidur. Sebenarnya aku juga udah menjaga supaya nggak makan yang terlalu pedes2, tapi gimana dunk, namanya ibu hamil, kadang klo makannya begitu2 aja juga suka neeg dan nggak napsu makan. Makanya sekali-kali bandel juga. tapi tetep sih dijaga, makannya dikit aja.

Nah, keluhan akhir-akhir ini, makannya udah nggak pedes2, nggak jajan diluar, tapi perut tetap aja terkadang terasa mules dan melilit, ditambah feses nya juga bewarna kehitaman. Nah lho? bingung kan?
Apa lagi nih yang salah. Minum susu dan vitamin rajin. untuk susu hamil aku biasa minum Anmum rasa coklat. Klo vitaminnya ada 3 macam : folamil Genio, Cavit d, dan Hemobion. Hemobion juga aku minum atas anjuran dari dokter Hematologi. Seperti kehamilan sebelumnya, setiap kali hamil kadar ACA dalam darahku meningkat. Dan supaya tidak kekurangan zat besi, aku dianjurkan untuk minum Hemobion sekali sehari. Karena khawatir kenapa2, akhinya aku mengkonsultasikan masalah ini kedokter kandunganku. Menurut pendapat beliau, perut mules dan feses bewarna kehitaman, disebabkan karena kandungan zat besi yang terdapat pada susu dan vitamin yang selama ini aku minum (Hemobion). Tidak semua orang mengalami hal ini, ada juga yang tidak ada masalah dengan zat besi yang terkandung didalam susu dan vitamin, tapi ada juga yang mengalami masalah seperti yang aku alami. saran beliau, dosis hemobion dikurangi. Jadi minumnya 2 hari sekali.
Setelah aku coba, Alhamdulillah, mulesnya jadi mendingan. Dan feses kembali normal.
Bagi yang mengalami masalah ini, don't worry ya...
Semoga info ini berguna.