Menu

Sabtu, 06 Februari 2010

Tempat-tempat Makanan Halal di Bangkok, bagian pertama...

Dari kemaren mo nulis-nulis info berharga ini, tapi ga sempat2 (sibuk atau malas yah???)
hehehehe,
Nah, kebetulan aku baru menjelajahi daerah deket2 apartemen aja neh, itu pun tau nya dari temen abang yang emang udah lama tinggal di bangkok dan istrinya, selvi. Dari mereka lah kami tau resto2 halal yang ada disekitar apartemen. Alhamdulillah ada juga pasar tradisional yang menjual daging dan ayam halal.
Bagi yang doyan masak, silahkan mengunjungi pasar tradisional yang ada di Petchaburi soy 12. Disitu biasanya aku berbelanja keperluan dapur selama seminggu. Bisa ke pasarnya cuma weekend aja, supaya cut amina bisa ditinggalin di apartemen ma ayahnya.

Pasarnya kurang lebih sama seperti pasar2 di jakarta, cuma yang jualan daging Babi lebih ekstrim,
yah maklum lah, kan penduduknya bukan mayoritas muslim...
ada yang jualan sayur mayur, ikan2 segar, daging sapi halal, dan daging ayam halal.

Ikan2 yang dijual di pasarnya segar2 lho.. Senangnya....
Sebagai penggemar ikan tentunya itu kebahagiaan tersendiri,
Ragamnya pun banyak, ada ikan tongkol, ikan tenggiri, ikan patin, ikan gurame, ikan bawal, ikan kakap merah dan putih, ikan ekor kuning, ikan kembung, ikan lele, udang, cumi, bahkan kepiting.
Cuma ga setiap hari ikannya komplit kayak begitu.
harganya seh ga jauh2 beda juga ma di jakarta.
Klo ikan harganya bervariasi, tergantung jenis ikannya,
Harga udang per kilo beda2 tipis sama di Jakarta

Daging sapinya, emang ga tiap hari fresh seh. Maksudnya, klo dijakarta kan, tiap pagi atau kemaren sorenya sapinya baru disembelih. Nah klo disini seh kayaknya ga, soalnya pas kita beli dagingnya diambil dari feezer. Klo dipikir2 wajar seh, barangkali pemotongan hewan yang halal ada nya jauh, dan yang beli juga ga terlalu banyak, jadinya mubazir kan.
Nah klo dijakarta, tepatnya di Pak Haji gufron, langganan di pasar tebet, dagingnya bisa dipilih tuh. tinggal tunjuk aja.nah, klo di sini, berhubung ga bisa ngomong thai, jadi yah cukup beli aja yang tersedia di meja dagangannya.
Beberapa minggu yang lalu, aku juga sempat beli limpa sapi di pasar, syukurnya dia ngerti maksud ku. Abis udah kepengen banget masak rendang aceh (resep special dari nyanyak tercinta).
Intinya, klo mau masak-masakan dari daging sapi, gampang lah, semuanya ada dijual di penjual daging ini.
Daging sapi di jual 130 bath per kilo.
Disini juga dijual bakso sapi halal. Enak deh rasanya, jadi klo kepengen2 bakso tinggal bikin kuahnya aja, nggak usah repot2 bikin baksonya. Better lah daripada kayak waktu di India dulu, udah mana hamil, pengen bakso, ga ada, sampeee termimpi2....
harga bakso per-plastiknya 60 bath.

Ayamnya gede2 euy....
Maklum ayam bangkok (hehehhehe)
tapi sejujurnya jadi males juga seh, soalnya ayam boiler, kita ga begitu doyan,
klo dirumah biasanya aku masak pake ayam kampung, masak ayam boiler jarang2.
disini ayamnya dijual per ekor ada, dadanya aja ada, pahanya aja juga ada, ceker, ati ampela, sayap, drum sticknya aja juga ada, komplit dah bagian ayamnya. Jadinya kita ga perlu repot2 lagi motong2in ayam nya.
Harganya klo per ekor lebih mahal deh kayaknya dibandingkan di Jakarta, 130 bath per ekor, klo yang lain2 dihitungnya per kilo.

Jenis sayur-sayurannya hampir2 sama ma di indo. Cuma disini lebih mantabbbb, Maklum, bangkok....
Kata cut'a, pertanian di Thailand emang mantabbb ...
bayamnya gede2, daunnya lebar2, trus togenya juga (klo toge hampir sama kayak toge di banda aceh, gede2) ga kayak dijakarta, toge nya kecil, trus apalagi yah...
keseluruhan, sayur2annya ga jauh beda lah ma di indonesia.
Tahu disini juga ada, yang ga ada tempe doank. Cuma bagi penggemar tempe jangan bersedih, karena dikbri kayaknya ada juga ibu2 yang menerima pesanan tempe.
Tahu nya ada banyak ragamnya, ada tahu kuning yang pake cap (maksudnya, ditahu nya di cap tulisan apalah ga ngerti, warna tintanya merah, aku bilangnya tahu ber cap), Teksturnya padat dan agak keras untuk ukuran tahu di indo. Trus ada tahu kuning dan ga ber cap, teksturnya lebih lembut dan klo di goreng, harus hati2 klo gak, bisa hancur. Ada juga tahu putih yang padat dan tahu putih yang lembut. Nah klo bagi aku, yang paling enak itu tahu putih yang lembut. Bentuknya segede tahu cina yang dijual di indo, lebih besar sedikit kali yah, trus teksturnya lembut. Dijualnya bukan ditukang sayuran, tapi di ibu2 yang jual makanan dari kadang kedelai. Nah ibu2 itu menjual susu kedelai, tahu goreng pake bumbu apalah ga ngerti (cuma liat doank, ga pernah cobain) dan macam2 makan lainnya. Harga satu tahu yang gede itu 10 bath per potong.

Bagi pecinta ikan asin, ikan teri, cumi kering, kayaknya ga perlu repot2 bawa dari Indonesia, disini semuanya ada. Bumbu2 dapur pun lengkap. Lengkuas, serai, kayu manis, ketumbar, lada dan lain2 ada di bangkok. Yang ga ada cuma kemiri, Ga tau kenapa, entah lah ga ada yang tanam, atau masakan disini ga pake kemiri. Tapi tenang aja koq, klo lupa bawa kemiri di kantin KBRI ada juga tersedia kemiri.

Akhirnya selesai urusan belanja bahan2 makanan...
Bagi yang ada ingin bertanya, silahkan menghubungi saya.....