Menu

Jumat, 30 November 2012

Kangen bude...

Kuala Lumpur,

Selingan dulu neh, sebelum melanjutkan postingan tentang service apartemen. Barusan baru aja selesai bersih-bersih, rapiin rumah dan ngepel. Dan sebentar lagi setumpuk pekerjaan rumah masih menanti, belum nyetrika (udah 3 hari lho!), masak dan bikin kue.
Kalau badan sedang sehat, Alhamdulillah asyik-asyik aja ngerjainnya, tapi ya, kalau kayak kemaren lagi sakit, pengennya ada yang ngebantuin. 

Jadi keingat ma bude. DiJakarta, selalu ada bude yang bantuin aku mengerjakan pekerjaan rumah. Meski pas bude udah nyampe rumah, aku udah kelar rapiin kamar, udah kelar masak, siram tanaman, mandiin dan suapin anak-anak, dan bude ngerjain sisanya. Yang namanya manusia ya, kadang ada aja yang nggak puas. Kadang aku masih merasa ada aja kerjaan bude yang kurang beres. Seringnya ya, bude suka datang telat kerumah. Pagi-pagi, selalu aja repot. Padahal abis sholat subuh, jarang tidur lagi, udah beberes, masak, kadang udah kepasar sendirian. Nah, kebayang dong, kalau pas pulang dari pasar bude belum juga sampai dirumah. Rumah berantakan, anak-anak yang baru bangun belum pada mandi dan sarapan, dan yang paling ribet, kalau belum masak. Waduh repot bener deh....
Harusnya aku yang maklum yah, bude punya keluarga sendiri yang tiap hari juga harus diurusin.Biasanya dia baru akan datang kerumahku, kalau pekerjaan rumahnya udah kelar, paling cepet sekitar jam 8.30 atau jam 10. Ditambah lagi, si bude ini punya seabreg kegiatan selain bantuin aku, dia juga pengurus di rt, posyandu dikelurahan, dan lain-lain. Yah dia mau bantuin aku aja udah syukur Alhamdulillah mengingat saat ini, susah banget nyarinya. Kalau dulu seh ada 2 orang yang bantuin, satunya bude untuk nyuci dan nyetrika, dan satunya lagi ada mba yang memang tinggal dirumah untuk bersih-bersih. Sampai akhirnya yang tinggal dirumah berhenti, karena mau nikah, jadi tinggallah bude. Kadang aku kasian ngeliat bude ngerjain kerjaan rumah sendirian plus bantuin aku juga. Demi membantu perekonomian keluarga, jadilah dia sanggup menjalaninya. Alasan bude mau bantuin aku juga karena rumah kami sangat berdekatan (rumahnya ada dibelakang rumahku). Jadi sambil bekerja, bude juga bisa memantau anak-anaknya. Sebisa mungkin aku mengerjakan pekerjaan rumah sendiri, tidak terlalu tergantung dengan kehadiran bude. Kadang kalau saat kebetulan bude berhalangan datang, aku sendirian mengerjakan pekerjaan rumah.

Nah sekarang, disaat aku gak dijakarta, tinggal jauh dengan keluarga, jauh dari nyanyak, jauh dari mama, dan terutama jauh dari bude. Mau nggak mau, semua pekerjaan semua aku yang mengerjakannya. Kalau aku sakit, barulah terasa betapa besar bantuan seorang pembantu dalam hidupku. Ada yang bantuin ngurusin anak-anak, ada yang masakin makanan, ada yang bantuin belanja ke pasar. Meski sakit, semuanya tetap harus dikerjakan sendiri, meski abang juga ikut membantu, cuma kan kasian, karena abang juga harus kerja...

My point is jangan pernah remehkan pekerjaan pembantu. Jangan pernah menganggap dia lebih rendah kedudukannya dari kita (hanya karena kita yang menggajinya). Meski cara kerjanya nggak sesuai dengan kita, kita masih bisa komunikasikan bersama. Ambil jalan tengahnya. Sesungguhnya bukan hanya dia yang membutuhkan gaji dari kita, tapi kita pun membutuhkan bantuan tenaga dari nya. Apalagi dihadapan anak-anak, jangan bossy sama pembantu, karena anak-anak akan bertindak lebih dari itu. Mereka adalah partner kita, teman kita, orang yang pertama bantuin kita saat kita memerlukan bantuan. Dan usahakan untuk mengerjakan sendiri apa yang bisa kita lakukan, tanpa harus meminta bantuan orang lain.
Duh, jadi bener-bener kangen neh ma bude.... Apalagi kita biasa suka jalan bareng, sering ngalor ngidul bersama. Makasih banyak ya bude, karena udah sabar menghadapi aku, makasih untuk semuanya. Maafkan untuk semua sikap atau ucapan aku yang membuat bude tersinggung. Sampai kapan aku tetap nggak bisa membalas budi baik bude untuk kami sekeluarga, semoga bude dan keluarga di Jakarta selalu medapat lindungan dari Allah. Amin.