Menu

Kamis, 01 Maret 2012

Pretzel Mania




Kuala Lumpur,

Sejak di KL jadi sering makan pretzel, awalnya suka beli di mall. Ga tahan dengan aroma butternya yang enak banget. Udah gitu amina ma raufa juga doyan, daripada beli mulu mendingan coba bikin sendiri, berikut resepnya :





Bahan-bahan :

4 sdt yeast (Fernipan juga boleh)
1 sdt gula pasir
1.5 cup air hangat (kira2 45 derajat celcius)

5 cup tepung serbaguna (all pupose flour)
1.5 cup gula pasir
1.5 sdt garam
1 sdm minyak sayur

3 sdt baking soda
1 cup air panas
1 sdm garam halus (sebagai topping)

Cara membuat :

Didalam wadah besar, campurkan yeast dan gula pasir ( 1 sdt teh) dengan air hangat. Aduk rata. Diamkan selama 5 menit, dan tunggu hingga larutan tersebut berubah warna menjadi cream. Untuk memastikan apakah yeast nya masih aktif, pada saat kita masukkan air hangat ada sedikit busa pada larutan tersebut.

Tempatkan tepung, gula, garam dalam satu wadah aduk bahan tersebut sampai tercampur rata. Lalu masukkan minyak sayur dan larutan yeast kedalam adonan. Lalu aduk semua adonan hingga berbentuk adonan yang lembut dan elastis. Apabila adonan masih terasa bertepung, belum bisa dibentuk, tambahkan sedikit air. Uleni adonan tersebut hingga benar2 kalis. Jika sudah, tempatkan adonan tersebut kedalam wadah yang sudah di baluri minyak/ mentega, tutup rapat dengan kain kering, dan simpan diruangan yang hangat. Tunggu hingga adonan mengembang 2 kali semula kira2 1 jam.

Sementara itu siapkan larutan baking soda dan air panas. Aduk larutan baking soda dan air panas hingga benar2 menyatu. Dan sisihkan.
Panaskan oven 230 derajat celcius.
Setelah adonan mengembang. Bagi adonan menjadi 12 bagian. Bulatkan dan giling hingga menjadi seperti tali panjang dan bentuk menjadi pretzel. Celup pretzel kedalam larutan baking soda. Alasi loyang dengan kertas roti (supaya tidak lengket) Tempatkan pretzel ke dalam loyang taburkan sedikit garam diatasnya, dan bakar selama lebih kurang 10 menit (sampai pretzel berwarna kuning kecoklatan).

Setelah matang, keluarkan pretzel dari dalam oven dan rendam kedalam butter yang sudah cair. Pretzel siap dimakan. Bagi yang suka coklat pretzelnya boleh juga di celup dengan coklat cair atau bisa juga dibalur dengan campuran brown sugar dan cinnamon bubuk. Enak banget. Selamat Mencoba...


Sumber : www.allrecipes.com