Menu

Kamis, 08 Juli 2010

Proses penyapihan

Jakarta, 8 Juli 2010

ALhamdulillah udah lebih dari 2 minggu cut amina selesai di sapih. Alhamdulillah semuanya berjalan lancar. Jadwal tidurnya udah kembali normal. Biasalah sekitar jam sepuluhan. Trus tidur siangnya juga gitu, kadang 2 kali (sejam sampai sejam setengah setiap tidur) atau cuma sekali bobo siang sampai 3 jam. Makannya juga Alhamdulillah mau. jadi makin sering ngemil. Apa aja dimakan (Mamanya harus makin rajin bikin makanan buat amina),karena kita jarang beli makanan luar. Susu juga mau. Kebetulan susu juga mau. Yang senengnya dia minum susu nggak pake dot. Karena dari kecil, aku nggak pernah biasain amina nge-dot. Jadi dia minum susu dari gelas. Sehari 2 sampai 3 kali 200 ml. Cuma ya gitu, badannya tetep aja segitu2 aja. Abis anaknya aktif banget. Pernah konsultasi ke dokter anak di Bangkok, katanya ukuran badan amina emang nggak gede-gede banget, karena mamanya juga gitu, waktu kecil imut2 bgt (hihihihi...) yah, klo anak perempuan katanya cenderung ikut dna ibunya. So don't worry lah....

Makanan amina bervariasi sekali, mulai dari kampung banget, sampai kota banget (kata orang-orang). Dia seneng makan kue-kue jajanan pasar gitu (tapi anehnya dia suka yang homemade) kayak singkong, ubi, pisang, ketan, , aja. Kadang suka aku bikin bingkang singkong, trus biji salak, purtri mandi, dia doyan. Disamping itu, kayak ayahnya juga, dia suka roti jala pake kari, nasi bryani dan lain-lain. Pasta-pasta juga doyan, macaroni, spagetti, lasagna, apalagi klo ditambahin keju, ehmmm dia doyan bgt.

Setelah disapih, amina jadi tambah manja sama aku. Klo mo tidur, biasanya aku yang gendong-gendong sambil di nina boboin. Bedanya klo aku biasanya nyanyiin selawat nabi, asmaul husna, atau lagu-lagu aceh yang berisi doa dan harapan buat amina tersayang. Cuma kadang dia rewel juga, kadang-kadang suka lupa, minta mimik mama. Biasanya klo udah gitu, paling aku tinggal ingetin: "amina, mimik mama sakit ya sayang". Udah gitu paling dia elus-elus aku aja. Klo udah gitu paling aku yang sedih, duh, kasian anakku.
Itulah yang namanya proses pembelajaran. Demi kebaikan aku dan amina. Biar amina tambah mandiri, aku nya juga harus kuat supaya amina jadi anak yang mandiri. Yang pasti kasih sayang mama buat amina selamanya.