Menu

Senin, 25 Maret 2013

Siomay abang-abang

Kuala Lumpur,

Alhamdulillah ya Allah, akhirnya kesampaian juga bikin siomay. Karena udah kepingin banget, akhirnya bela-belain bikin siomay. Dapet link dari saudara ipar, baca-baca, kayaknya resepnya ok dan bikinnya juga ga terlalu ribet. Akhirnya aku memutuskan untuk bikin siomay. Dan hasilnya asli ga mengecewakan malah bikin ketagihan, enak bgt....
Berhubung nggak punya timbangan, jadi takarannya, seperti biasa, serba kira-kira.
Resep aslinya diambil dari disini


Bahan-bahan siomay:

-  dua potong ikan tenggiri ukuran besar (bagian badannya)
kira-kira 200 gr daging ayam, bagian dada.
-  1 butir telur, dikocok pisah.
-  80 ml santan kental 
1 buah labu siam ukuran sedang, kupas kulitnya lalu direbus atau dikukus.
-  500 gr tepung tapioka/ kanji

Bumbu halus :

-  7 butir bawang merah
5 butir bawang putih
1 sdt lada butiran

Bumbu lainnya ;

-  1 batang daun bawang
-  2 sdt garam
-  1 sdm gula pasir

   
Cara membuat :

- Haluskan daging ikan, kerok bagian daging ikannya dengan menggunakan sendok. Campurkan daging ikan dan ayam dihaluskan dengan menggunakan batu gilingan (berhubung nggak punya food processor :) )sampai dagingnya hancur dan menyatu.
- Haluskan labu siam yang sudah dikukus atau direbus (tetep pake batu gilingan).
- Blender semua bumbu yang dihaluskan.   
- Campurkan ikan, ayam yang sudah dihaluskan tadi dengan labu siam, bumbu yg sudah dihaluskan, telur ayam, santan kental dan bumbu lainnya. Terakhir masukkan tepung tapioka atau tepung ubi kayu sedikit demi sedikit. Uleni terus adonannya. 
Cicipi rasanya. Adonannya disesuaikan dengan kekentalannya. Apabila terlalu lembek, tambahkan lagi tepung tapioka. Adonan siomay nya tidak padat alias lembek.

Siapkan kukusan, sebelumnya olesi dulu kukusan dengan minyak goreng, supaya adonan tidak lengket dan mudah diangkat, selanjutnya didihkan. Cetak adonan dengan menggunakan 2 buah sendok hingga bisa berbentuk bulat. Langsung tempatkan didalam saringan dandang kukusan. Lakukan sampai adonan habis. 
Masak dengan api sedang. Oh ya sebelumnya jangan lupa membungkus tutup dandang dengan kain supaya uap air tidak terkena adonannya. 
Masak hingga matang.

Tambahan :

Supaya makin mirip sama siomay abang-abang jangan lupa tambahkan kentang rebus, telur rebus dan kol. Kalau suka dengan pare dan tahu, boleh juga buat pare yang diisi adonan siomay. Sebelumnya bersihkan pare, buang isi dalamnya, lalu potong menjadi 3 bagian (tergantung ukuran parenya) lalu isikan adonan siomay kedalamnya. Kukus bersama adonan siomay.


Bahan saus kacang ;

- 5 siung bawang putih, iris-iris dan digoreng.
- 300 gr kacang tanah
- 3 sdm atau satu lemping gula merah disisir halus
- 3 buah cabe merah keriting, diulek.
- 5 buah cabe rawit (klo nggak suka pedas ga pake juga gpp) 
- 2 sdm air asam jawa
- 500 ml air 
- 2 sdt garam
- 1 sdm gula pasir 
   
Cara Membuat saus kacang :

- Goreng hingga garing bawang putih dan haluskan. Goreng kacang tanah hingga matang. Ulek kacang tanah yang sudah digoreng sampai setengah halus (tergantung selera, kalau aku senengnya pas makan siomay saus kacangnya masih ada kacangnya gitu).Campurkan semua bahannya dan masak hingga mendidih. Cicipi rasanya dan angkat.

Setelah semuanya siap, hidangkan dipiring, potong-potong siomay, kentang, telur, pare dan kol didalam piring. Tuang saus kacang, tambahkan kecap manis dan sambal botol jika suka.

Siomay siap dihidangkan, selamat mencoba :)