Menu

Senin, 19 Desember 2011

Malaysia oh Malaysia

Kuala Lumpur,

Akhirnya punya waktu buat nulis blog, padahal udah hampir sebulan diKL. Maklumlah semuanya ngurus sendiri, klo dijakarta kan ada bude yang ngebantuin. Klo di KL agak susah dan mahal bgt kali ya klo nyari yang bener2 full service apartemen kayak di Bangkok dulu. Klo sekarang dapat service apartemen juga, ada juga yang bersih2, cuma gak tiap hari, seminggu cuma 2 kali. Nyarinya yang udah full furnish, udah ada semua. Cuma tetep aja yang namanya ibu2, tetep aja bawaannya banyak, takut diapartemen ga ini lah, itu lah, jadinya bawaannya seabreg-abreg. Mulai dari perlengkapan bocah2, bahan2 makanan, bahan2 bikin kue de el-el. Abis bayangannya, pertama nyampe pastikan "penat" (huahahaha, udah mulai pake bahasa sini) manalah sanggup keluar lagi, nyari makanan. Pokoknya persiapan 2 hari ga belanja deh. Belom tau pasti juga gimana lokasi apartemennya. Udah pernah ke KL cuma belom pernah tau lokasi apartmennya. Pas sampe bandara udah deg2an juga, takutnya over weight. Pas nyampe di counter check in, eh ternyata si mbak2nya cuek2 aja sama berat bagasi kita. Yahhhh tau gitu bawa lagi yang banyak deh makanannya :P

Begitu nyampe, kira2 jam 12 (waktu jkt). Ternyata bener, ga ada restoran atau tempat makan yang bener2 dekat dari apartemen. Ada seh mall yang deket cuma capek aja harus jalan lagi kira2 15 menit jalan kaki untuk sampe ke mall itu. Untung aku udah siapin makanan buat makan siang dan malam. Setelah ayah dan anak2 istirahat, aku langsung unpacking barang. Kardus pertama yang dibuka, kardus yang berisi makanan dan alat2 masak. Langsung keluarin rice cooker, angetin daging, masak sayur bening dan masak buburnya dek raufa. Pas udah masak, baru deh bangunin mereka semua buat makan. Udah gitu langsung deh beres2 barang2.

Senangnya, begitu kedapur, ternyata ada oven. Jadi bisa bikin kue deh. Besoknya baru kita coba jalan ke mall nya, awalnya naik taksi dulu, ternyata setelah sampe, deket juga dari apartemen, cuma ya gitu, klo kita pergi sendiri sambil gendong anak2 lumayan capek juga. Belanja kebutuhan dapur, beli beras, gula, telur, susu de el-el. Pulangnya naik taksi lagi, sebenarnya bener2 ga jauh, cuma karena jalanan d mall itu harus muter jadinya dari mall ke rumah harus bayar taksi RM 7. Sebenarnya aku lebih senang klo dapet apartemen dekat dengan pasar tradisional dibandingkan dengan mall. Kayak di Bangkok dulu, pas kita pindah ke apartmen yang di Silom. Lokasinya ok bgt (buat aku seh!). Apartemennya satu gedung sama Robinson. Trus begitu keluar dari apartemen langsung ketemu pasar tradisional. Trus di lantai dasarnya ada Supermarket gitu, surga bgt deh, Belanja sayuran, daging dan ayam halal, ikan ada di pasar tradisional, trus klo mo beli beras, gula, sabun mandi atau apalah ada di Supermarket di lantai dasar, dan klo mo cuci mata, liat2 baju, sepatu, pakaian anak2 dan lain2 ada di Robinson (Klo di Bangkok Robinson nya gak kayak di JKT, barang2 branded, cuma tetep aja ga beli2 barang branded :)). Untung bgt pindah ke apartemen di Silom, karena waktu Bangkoksedang rusuh, kita ga harus keluar kemana2, ada pasar di apartemennya.

Setelah seminggu lebih di KL, akhirnya nyanyak datang. Alhamdulillah, jadi ada teman. Sebelum nyanyak dateng, aku sempat ngider2 nyari pasar pagi gitu di dekat apartemen. Kata mbak2 yang bersih2 di apartemen, ada pasar pagi yang ada jual daging lembu/ sapi dan ayam halal, lokasinya dekat KL Sentral. Pas aku tanya lokasi pastinya dimana, dia gak bisa jelasin, katanya ntar klo KL Sentral tanya sajalah. Waduh .... bingung juga neh. Akhirnya aku nekad aja naik taksi ke KL Sentral trus sampe sana tanya2 ma cleaning service nya (biasanya mereka lebih menguasai daerah disini). Abis muter2 sana sini, akhirnya nemu juga pasar paginya. Memang lokasinya dekat KL Sentral tapi bukan didalam KL Sentral, lebih dekat dengan stasiun Monorail, arah ke Brickfield. Pasarnya gak gede, cuma satu lorong gitu, ada banyak yang jualan, sayur mayur, ikan, ayam (ada yang halal, ada juga yg di jual ma orang china, ga tau deh halal apa nggak), ada juga B2 (pig), trus klo kedalam lagi juga ada yang jual daging halal (Dagingnya baru dijual jam 10, aku datengnya kepagian). Cuma klo daging sapi, rata2 udah di frozen, selama aku disini belom nemu daging sapi yang baru (belom di frozen). Untuk harga kebutuhan dapur, bervariasi. Dibandingkan di Jakarta, KL jauh lebih mahal. Sayur mayurnya ada juga yang di impor dari Siam (Thailand). Yang bener2 aku ingat, klo tempe di pasar pagi KL sentral itu sebungkus kecil gitu dijual 2 bungkus kecil harganya RM 2, lebih murah dari yang dijual di Bangkok.

Beberapa hari kemudian aku jalan lagi ke Chow Kit. Kata orang-orang disana banyak orang Indonesia. Harga-harga sayur mayurnya jauh lebih murah. Ternyata memang bener, cuma ya gitu, pasarnya sembraut, kayak di jkt. Cuma untuk bisa sampai ke Chow Kit, ongkosnya lumayan juga. Aku harus naik taksi dulu ke KL Sentral, udah gitu sambung naik Monorail ke Chow Kit, pulangnya gitu lagi. Klo mo hemat, bisa aja pergi naik Shuttle bus dari apartement ke KL Sentral (lumayan hemat taksi ke KL Sentral), cuma ya ada jam2nya dan adanya cuma hari kerja.
Minggu kemaren, pagi-pagi jam 7 pagi (jam 6 WIB) aku pergi ke Bangsar Village. Kata puan Zakiah (temen nyanyak sesama "cek gu"/ guru) di belakang Bangsar Village, deket mesjid Abu Bakar ada juga pasar pagi. Alhamdulillah ada, lumayan lengkap juga, cuma tetap klo daging sapi halal jarang, ada satu orang yg jualan tapi ktnya yg punya bukan muslim, ya udah jadi ga beli deh, ayam pun agak diragukan. Aku cuma belanja sayuran dan buah2an. Masih dipekarangan pasar itu juga ada Giant supermarket, cuma namanya TMC. Nah klo di Supermarket itu lengkap. Ada daging halal, ayam halal, bahkan ayam kampung pun ada. Harganya lebih murah dibandingkan di Carefourr atau Jusco Supermarketnya. Cuma lucunya, klo mo pake troli, kita harus bayar dulu 50 sen. Oh ya, hampir aja lupa, ternyata harga buah keladi, ubi, singkong disini lebih mahal dibandingkan di Indo. Bayangkan aja, ubi atau singkong yang di JKT harga sekilonya cuma Rp 3000, disini sekilo harganya 5 kali lipat. Wajarlah orang2 Malay senang belanja ke Indo.

Hari Sabtu, sepulang dari Ampang putri Hospital (bawa Cut Raufa buat check up), kami diajak Om Azman (temennya mama) makan ke salah satu restoran di KL yang menyediakan makanan khas Johor. Nama Restorannya Floral Cafe. Cafenya bagus bgt, Dekorasinya bener2 mewah dan penuh bunga. Untuk harga makanannya, dibandingkan restoran di JKT jauh lebih murah. Om Azman itu juga cerita, kebetulan dia juga sering ke Indonesia (dia bahkan udah sampe ke flores! ) Klo makan di restoran di Indonesia harga2 memang mahal dibandingkan di KL. Lucu juga, padahal dari hasil surveyku ke pasar2 dan supermarket harga kebutuhan pokoknya lebih murah di Indonesia, tapi klo makan di resto lebih murah di Kl ! Mungkin klo di Indonesia pajaknya lebih mahal dibanding di Malaysia. Ada beberapa kenalan juga orang Melayu di sini. Semuanya ramah2 dan baik-baik, sama lah sama orang kita.

So far cut amina dan cut raufa happy - happy aja, selama deket mama dan ayah...